Oleh Ahmad Fauzi
Penulis Buku Agama Skizofrenia, Kegilaan, Wahyu dan Kenabian

Ayunan Bandul tentang Nusantara (Pendulum Swing of Nusantara)
Ada semangat zaman yang sedang merekah di negeri ini. Kritik tajam dan gugatan ramai-ramai diajukan oleh banyak warga Nusantara bahkan dunia, yang ditujukan pada institusi Agama Islam. Ada semacam ketidakpuasan, kengerian, juga kebencian yang sangat kuat terhadap Islam, tentang cara agama ini bersetubuh dengan kenyataan. Semisal, bagaimana penganut Islam memperlakukan umat agama lain, juga tentang nasionalisme bermasyarakat dan bernegara, dan tak kalah pentingnya berkaitan dengan epistemologi pengetahuan.

Saya tidak akan membahasnya secara mendetail, cukup garis besarnya saja. Harus kita ketahui, bahwa yang disebut institusi agama, bukan hanya pada doktrinnya semata, tetapi juga bagaimana para penganut agama tersebut menerjemahkan dan melaksanakan doktrin-doktrin sucinya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Apabila penganut Islam ternyata tidak beradab, penuh kekerasan, gila teror, dan miskin berbudaya sehingga mereka menjadi penjahat kemanusiaan dan kebudayaan, maka adalah sah jika ada orang yang menyebut Islam sebagai ancaman kemanusiaan dan peradaban, meski sebagian pemikir agama ini menunjukkan ada beberapa doktrin Islam yang damai dan inklusif. Ya, agama ini menjadi hama kebudayaan bukan saja karena para pemeluknya menganut ideologi kekerasan dan kematian tetapi Islam betul-betul secara paradigmatik memiliki asal-usul dalam kekacauan psikologis. Tesis inilah yang akan mengantar Islam menuju kuburannya di Timur Tengah.

Ada angin romantik yang sangat kuat untuk menoleh kembali pada warisan Nusantara yang dulu pernah ditenggelamkan oleh Islam. Ya, ayunan bandul sedang beralih. Jiwa alam sedang mengundang yang tertimbun dan terlupakan untuk tampil kembali sebagai identitas dan pemersatu kebudayaan. Semoga ini menjadi semangat zaman. Rahayu Nusantaraku.

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: