Oleh Ahmad Fauzi
Penulis Buku Agam Skizofrenia, Kegilaan, Wahyu dan Kenabian

Sekularisasi berasal dari kata "saeculum" yang artinya profan atau duniawi. Peter Glasner (Sociology of Secularization) dan Harvey Cox (Secular City) menyebutkan bhwa salah satu indikator yang paling menentukan maju mundurnya sebuah negara adalah sekularisasi.

Weber pun membuat istilah rasionalisasi yang kmdian dikutip oleh Nurcholish Madjid menjdi Desakralisasi. Yaitu, menurunkan wilayah yang dianggap sakral dlm kehidupan mnjdi bersifat duniawi dan profan. Sering kita mensakralkan sesuatu yang bersifat profan, sehingga mnjdi kebal dari kritik dan sanggahan. Banyak yang sebetulnya bersifat profan kmdian dibuat menjdi sacred atau sakral.

Maka, konsep desakralisasi Cak Nur dan sekularisasi Glasner n Cox sangat dibutuhkan di negeri ini terutama dalam masalah Politik Kenegaraan akhir akhir ini. Mari, permasalahan politik negara diperbincangkan dalam wilayah publik yang rasional lepas dari stigma agama yang penuh dogma dan kesan sakral. Kalau tidak, selamanya kita akan habis tenaga dan pikiran hanya utk membahas agama yang tidak bisa dikritik dan disanggah.

Pancasila itu sendiri mirip dan sebangun dgn civil religion di Amerika. Sekular yang berketuhanan atau believe in God.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: