Oleh M Yudhie Haryono

Yank, ingatkah engkau dengan guru ghaib kita tuan Jung? Menurutmu, ialah psikolog terbesar yg sangat engkau kagumi. Maka, begitu fasih engkau ceritakan karya dan temuan-temuannya. Bahkan kita menabung untuk ziarah ke kuburnya suatu saat. Ealah... engkau malah menyusulnya.

Aku ingat, engkau menceritakan padaku soal penting tentang sikap dan fungsi psikologis yg saling berinteraksi dengan tiga prinsip, yaitu:
Pertama, Oppose (saling bertentangan). Prinsip ini sering terjadi, karena kepribadian berisi berbagai kecenderungan konflik. Namun, Jung meyakini bahwa ketegangan akibat konflik itu merupakan esensi dari hidup. Tanpa konflik, maka dalam diri manusia tidak akan ada energi dan kepribadian. Contoh oposisi adalah: ego vs shadow, introversi vs ekstroversi, pikiran vs perasaan, dan penginderaan vs intuisi.

Kedua, Compensate (saling mendukung). Prinsip ini digunakan untuk menjaga agar seseorang tidak menjadi neurotik. Prinsip ini biasanya terjadi antara sadar dan tidak sadar. Misalnya, jika Rendra tidak berhasil mencapai nilai A pada matakuliah ini, maka akan muncul dalam mimpi (kondisi tidak sadar).

Ketiga, Synthesize (bergabung menjadi kesatuan). Prinsip ini meyakini bahwa kepribadian akan terus menyatukan pertentangan, untuk mencapai kepribadian yang seimbang dan integral. Namun, fungsi ini hanya sukses dicapai melalui fungsi transenden.

Lalu, di akhir kuliahmu sambil menciumi daguku, engkau membuat penutup menarik. Menurutmu, interaksi antar struktur kepribadian membutuhkan energi psikis, yang didukung oleh energi fisik. Energi psikis itu tampak pada kekuatan semangat, kemauan, keinginan, proses mengamati, berpikir, memperhatikan, dan pengalaman.

Inilah moment suci. Yang muncul sekejap. Dan itulah energi cinta yg melahirkan generasi berikutnya lewat "apa yg membahagiakan." Kini, engkau dan Jung mungkin sedang ngopi. Saat aku menangis dalam sepi.(*)

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: