Ilustrasi
Pati, Koranpati.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) berperan aktif mendorong warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk secara elektronik (E-KTP) untuk melakukan perekaman agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Pati 2017.

"Kami mencatat ada 138.399 pemilih potensial yang terdaftar di daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati 2017, namun belum memiliki E-KTP," kata Anggota KPU Pati Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Ahmad Jukari di Pati, Jumat.

Karena warga yang tercatat di DPS merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS), kata dia, PPS tentunya lebih mudah berkomunikasi dengan warga.

Apalagi, lanjut dia, nama-nama pemilih potensial tersebut juga dilengkapi dengan alamat jelas.

"KPU Pati juga berupaya memberitahukan permasalahan tersebut kepada warga melalui surat," ujarnya.

Menurut dia, PPS bisa bekerja sama dengan pemerintah desa setempat untuk mengingatkan warga yang namanya tercatat di DPS untuk segera mengurus E-KTP.

Kalaupun belum bisa memiliki fisik E-KTP, masyarakat bisa meminta surat keterangan bahwa telah melakukan perekaman E-KTP.

"Jika sudah mengantongi surat keterangan perekaman, silakan lapor ke PPS maksimal 2 Desember 2016," ujarnya.

Apabila hingga tanggal tersebut belum menyampaikan laporan bahwa yang bersangkutan telah melakukan perekaman E-KTP, lanjut Jukari, nama-nama yang sebelumnya tercatat bisa dicoret.

Sementara jadwal penetapan DPS menjadi daftar pemilih tetap (DPT), direncanakan tanggal 6 Desember 2016.

"Informasi yang kami terima, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati memang melakukan penyisiran warga yang belum perekaman," ujarnya.

Terlebih lagi, KPU Pati beberapa waktu lalu juga menyampaikan data 138.399 pemilih potensial yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati 2017 dijadwalkan berlangsung pada 15 Februari 2017.

Sementara jumlah total DPS Pilkada Pati 2017 yang ditetapkan KPU Pati sebanyak 1.050.081 pemilih.

Dari jumlah DPS tersebut, meliputi pemilih laki-laki sebanyak 515.803 pemilih dan perempuan sebanyak 534.278 pemilih.

Para pemilih masuk dalam DPS tersebut tersebar di 21 kecamatan, jumlah pemilih paling banyak terdapat di Kecamatan Juwana sebanyak 71.677 pemilih yang tersebar di 29 desa, disusul Kecamatan Sukolilo sebanyak 71.231 pemilih yang tersebar di 16 desa.

Adapun jumlah TPS di Pati sebanyak 2.295 TPS yang tersebar di 406 desa di 21 kecamatan. (Red-KP99/ant).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: