Suasana Media Gathering yang digelar Bawaslu Jateng di Hotel Holiday Inn Expres Semarang Jumat (16/12/2016).
Semarang, Koranpati.com – Jika ada pelanggaran di Pilkada Pati 2017, maka Anda bisa melaporkan ke Bawaslu melalui aplikasi tersebut. Sebab, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa tengah menyelanggarakan gathering yang dihadiri puluhan awak media untuk membahas akan berlangsungnya pemilukada serentak Februari 2017 pada Jumat (16/12/2016), yang diselenggarakan di Holiday Inn Express Semarang.

Dalam pembahasanya ketua Bawaslu Teguh Purnomo menyampaikan tentang pengawasan melalui ilmu teknologi (IT). "Bawaslu memanfaatkan ilmu teknologi informasi untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melaporkan pelanggaran pemilu. Dengan basis teknologi, pengawas memberikan fasilitas yang memudahkan pelapor untuk menyampaikan setiap laporan pelanggaran pilkada yang terjadi melalui aplikasi GOWASLU," ujarnya.

Lanjut Teguh, tujuan aplikasi GOWASLU sebagai sistem online untuk memudahkan pengawas pemilu menerima dan menindaklanjuti informasi awal dari pemantau dan masyarakat. Dan terwujudnya kolaborasi antara pengawas pemilu dan lembaga pemantau terakreditasi dalam meningkatkan keberanian dan melaporkan pelanggaran pilkada serta terlaksananya keterbukaan informasi publik terkait hasil pengawasan secara cepat dan berkelanjutan.

Jumlah pengawasan melalui GOWASLU di Provinsi jawa Tengah ada 377 orang sudah termasuk panwascam.

Sedangkan dari LPSI M. Yulianto menjelaskan tentang perilaku pemilih pilkada 2017. "Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada 15 Febuari 2017 sudah mencapai 73,5%, tingkat partisipasi untuk Pilkada 2017 sudah mencapai 76,5% (LPSI Juni 2016). Sedangkan pendekatan yang paling disukai dan mengena di masyarakat melalui dialog langsung, sebab masyarakat sebagai pemilih lebih mengetahui visi misi, kualitas pribadi, transaksi langsung awal terbentuknya perilaku prakmatis," jelasnya.

Dalam acara gathering media tersebut hadir Komisioner Bawaslu Jateng Dr.Teguh Purnomo, M. Yulianto dosen FISIP Universitas Diponegoro sekaligus pengelola LPSI, jajaran bawaslu Jawa Tengah dan rekan media, serta mengundang pengurus panwas Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. (Red-KP99/Heri).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: