Suasana presentasi LKTI di Aula Kesbangpol Linmas Pati, Senin siang (6/3/2017).
Pati, Koranpati.com - Sebanyak delapan pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Pati mempertahankan penelitian mereka dalam presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SLTA se Kabupaten Pati tahun 2017 di aula kantor Kesbangpol Linmas Pati, Senin siang (6/3/2017). 

Untuk Juara 1 adalah Raka Surya Kusuma dari SMAN 2 Pati dengan total skor 185, kemudian Juara 2 Nabila Khusnul Maulida dari MA Manabiul Falah Pati dengan total skor 182 dan Juara 3  adalah Era Rizki Damayanti dari SMAN 2 Pati dengan total skor nilai 177.

Sementara untuk Juara Harapan 1 adalah M Daniyal Fahmi dari SMA PGRI 1 Pati dengan total nilai 175, lalu Juara Harapan 2 adalah Afa Anisa Almas Soroya SMAN 2 Pati dengan total nilai 174 dan Juara Harapan 3 adalah Imayatul Khoiriyah dari MAN 1 Pati dengan total nilai 172.

Kegiatan yang digawangi sejumlah mahasiswa dari STAI Pati dan AKBID Duta Dharma dan AKBID Bakti Utama Pati ini sebelumnya diikuti peserta dari pelajar tingkat SMA, SMK, MA se Pati yang sudah melalui proses seleksi, sehingga pada final hanya delapan peserta yang berhasil lolos.

LKTI yang terlaksana atas kerjasama dengan Kesbangpol Linmas Pati ini, hasil akhirnya nanti, semua karya terbaik akan dibukukan. 

Menurut M Abdus Shomad penanggungjawab acara mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wahana melahirkan peneliti dan jurnalis di tingkat SLTA. Sebab, selama ini literasi pelajar di Pati dinilai masih minim.

"Sebanyak 30 peserta yang masuk, tapi tidak memenuhi seleksi, kemudian untuk 10 besar, lalu karena tidak memenuhi syarat maka hanya diloloskan 8 finalis," ujar dia.
Dari presentasi itu, hadir Hamidulloh Ibda Direktur Forum Muda Cendekia (Formaci) Jawa Tengah sekaligus penulis buku asal Pati dan Lismanto wartawan Koran Muria dan Muria News sebagai dewan juri.

Para peserta itu, yang pertama Nabila Husnul Maulida, pelajar MA Manabi’ul Falah dengan KTI berjudul “Toleransi Multikultural Demi Terciptanya Bhinneka Tunggal Ika”. Selanjutnya Qoniatur Rohmah dari MA Manabi’ul Falah Pati dengan KTI berjudul :Etika Kerukunan Antar Umat Beragama Wujudkan Bhinneka Tunggal Ika” dan Abdur Rochman pelajar MAN 1 Pati dengan KTI berjudul “Madrasah dan Islam Multikultural”.

Kemudian, Imayatul Khoiriyah, pelajar MAN 1 Pati dengan KTI berjudul “Upin Ipin: Potret Kebhinekaan dalam Bingkai Animasi” dan Afa Anisa Almas Soroya pelajar SMAN 2 Pati dengan KTI bertajuk “Peningkatkan Toleransi Beragama Melalui Bazar Sosial Untuk Yatim Piatu dan Siswa Kurang Mampu Di SMA N 2 Pati Tahun Ajaran 2015/2016”.


Sementara Era Rizqi Damayanti, pelajar SMAN 2 Pati meneliti tentang “Penanaman Jiwa Toleransi Beragama Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Sma Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2016/2017” dan Raka Surya Kusuma pelajar SMAN 2 Pati meneliti tentang “Pengaruh Murottal Asmaa’ul Husna Terhadap Perubahan Sikap Toleransi Umat Beragama Siswa Kelas X SMAN 2 Pati Tahun Pelajaran 2016/2017”.

Selanjutnya Muhamad Daniyal Fahmi pelajar SMA PGRI 1 Pati meneliti “Pengaruh Sistem Pendidikan Pesantren Terhadap Toleransi Beragama”.


Presentasi itu dilaksanakan sampai sore hari dengan sistem para peneliti memaparkan selama sepuluh menit, kemudian dewan juri mengajukan pertanyaan berkaitan dengan metode, materi, substansi, tata bahasa, kebaruan ide dan relevansi dengan kondisi masyarakat di Pati.(KP3).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: