Foto bersama peserta dialog lintas agama
Dukuhseti, Koranpati.com – Dalam dialog lintas agama, Kidung Damai Dukuhseti dan Buka Bersama, Pendeta Romo Teguh Sayoga, M.Pd.K, Kepala SMA 3 BOPKRI Pati, mengatakan bahwa berteman tidak harus memandang agama.

Teman-teman semua, kata dia, Saya memang rindu dengan kegiatan seperti ini, dan Saya sudah mempraktikkan ini dengan keluarga Saya sendiri. “Ketika anak Saya cerita, Pak, teman-teman Saya kebanyakan Islam. Lalu Saya jawab, ora opo-ope Le. Berteman itu tidak perlu padang agama. Kalau perlu, teman-temanmu diajak main, kalau pas saat salat, berikanlah fasilitas dan persilakan mereka kalau mau salat,” ujar dia yang didampingi Khoirul Anwar Afa, Pendiri Kampung Tahfiz dan Hamidulloh Ibda, Direktur Forum Muda Cendekia dalam dialog lintas agama di Angkruk Kenanti, Dukuhseti, Pati, Kamis sore (22/6/2017).

Anak Saya, kata dia, kalau ada temannya yang mau salat kami persilakan. “Kebetulan rumah Saya juga dekat dengan musala,” tutur Wakil Ketua Pengurus Gereja Pati itu.

Kami mengajak, kata dia, berdamai itu dengan semua. “Toleransi itu tidak dibatasi dengan agama, suku, strata apa pun. Saya di sini, siap untuk berbagi. Sedikit apa yang Saya tahu, dan kecintaan Saya sebagai warga negara Indonesia,” beber dia.

Romo Teguh juga menjelaskan perjalanannya dalam mengemban misi Kristen. “Saya dulu pernah kebetulan ke Amerika, meski hanya Bahasa Inggris satu dua saja, dan kebetulan dipertemukan dengan anak muda dari IAIN Walisongo, yang sekarang jadi profesor di salah satu perguruan tinggi di Arab, yaitu Prof Sumanto Alqurtuby,” lanjut dia.

Kegiatan yang mengusung tema Mempertahankan Persatuan dan Kebhinekaan Dukuhseti Sampai Mati itu dihadiri juga dari PAC GP Ansor Dukuhseti, Banser Dukuhseti, LPS Cendekia Ngagel, Osis MA Manahijul Huda, Osis MA Yataba, dan perwakilan dari IPNU serta Pemuda Dukuhseti.com. Usai dialog dan tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama. (Red-KP99).

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: