Suasana peziarah memadati area makam Dukuhseti, Pati.
Dukuhseti, KoranPati.com - Sudah menjaga agenda rutin tiap selesai salat Idul Fitri maupun Idul Adha, masyarakat Desa Dukuhseti, Kabupaten Pati melakukan ziarah kubur di makam pendiri desa yaitu Mbah Brojoseti Singo Barong.

Kebanyakan, mereka berasal dari Dukuh Seti, Dukuh Kedawung, Dukuh Selempung, Dukuh Kulon, Dukuh Kidul, Oro-oro Tengah dan sekitarnya.

Pada Minggu (25/6/2017) ini, ratusan warga dari berbagai musola dan masjid berduyun-duyun mendatangi maqbarah pendiri Desa Dukuhseti tersebut.

"Kebanyakan mereka dikoordinir tiap musola atau masjid. Setelah salat id, makan, tahlil, berdoa dan salam-salaman, mereka langsung mengunjungi makam Mbah Brojoseti Singo Barong untuk mendoakan pendiri desa dan wujud rasa syukur karena sebulan penuh bisa menjalankan ibadah puasa," ujar Ngalimun Kasi Kesra I Desa Dukuhseti, Pati, Minggu (25/6/2017).

Pria yang juga Ketua Pengurus Makam Mbah Brojoseti Singo Barong tersebut menegaskan, bahwa biasanya tradisi ziarah atau nyadran sudah dilakukan pada dua waktu. "Pertama itu menjelang puasa pertama kali, dan juga sore hari menjelang malam takbir dan terakhir setelah selesai salat id. Tapi tiap Kamis atau malam Jumat warga sini juga tetap melakukan ziarah," lanjut lulusan Unwahas Semarang tersebut.

Pada saat ziarah, lanjut dia, warga diajak mendoakan dan ngalap berkah dari karomah waliyullah tersebut. "Jadi di sini itu kita berwasilah, bukan meminta pada walinya tapi hanya perantara. Kita berdoa kepada Allah lewat para kekasihnya yang sudah pasti dekat. Kalau kita ini kan orang-orang yang banyak dosa jadi butuh mendekat dengan para wali," beber guru SMK JAPA Pati itu.

Dalam doa bersama itu tidak hanya berdoa untuk diri sediri dan keluarga. Namun juga berdoa untuk semua warga Dukuhseti, terutama meminta Allah dalam hal pertanian dan kesehatan warga. (Red-KP99).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: