Wawan Setyawan dan Sauji memperlihatkan piagam dan penghargaan Kalpataru yang diraih UKM Mapala Arga Dahana.
Kudus, Koranpati.com - Tahun 2017 ini, adalah kali kedua, Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mapala) Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK), berhasil memboyong pernghargaan Kalpataru untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah.


‘’Kami sangat berbangga, karena bisa meraih penghargaan yang mengharumkan nama UMK dan Kabupaten Kudus. Penghargaan ini semakin mendorong kami untuk meneguhkan komitmen dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan,’’ ujar ketua UKM Mapala Arga Dahana periode 2016/ 2017, Wawan Setyawan, saat ditemui Sabtu (26/8/2017).

Penghargaan ini pun, tidak diraih begitu saja, melainkan berkat berbagai aktivitas (kegiatan) yang telah dilakukan selama ini. Antara lain melakukan penanaman pohon dan perawatan di sekitar kawasan Kabupaten Kudus, penyuluhan pelestarian lingkungan kepada masyarakat, bersih gunung di Gunung Muria, Gunung Ungaran, Gunung Lawu dan Gunung Semeru.

Wawan Setyawan bersama teman-temannya di UKM Mapala Arga Dahana UMK pun berbangga, karena penghargaan Kalpataru yang diraih, diserahkan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Juli lalu di Kebun Raya Baturaden, Kabupaten Banyumas.

‘’Bukan persoalan penghargaannya, tetapi Kalpataru ini sekaligus merupakan wujud konsistensi teman-teman Mapala Arga Dahana UMK untuk ikut mengambil peran serta dalam menjaga bumi dari kerusakan,’’ lanjutnya diamini A. Sauji, salah satu aktivis UKM Mapala Arga Dahana lain.

Terkait diraihnya penghargaan Kalpataru ini, pihak UKM Mapala Arga Dahana pun menyebut ada peran dari berbagai pihak yang mendukungnya. ‘’Kami berterima kasih kepada pimpinan universitas yang telah membimbing kami di UKM Mapala, juga kepada dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus yang senantiasa mendukung aktivitas kami,’’ lanjutnya menambahkan.

Kalpataru pertama pada 2016, berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 660.1/7/Tahun 2016, UKM Mapala Arga Dahana berhasil memboyong peringkat II kategori Penyelamat Lingkungan Hidup.

Sedang untuk tahun 2017, UKM Mapala Arga Dahana kembali meraing peringkat II Kategori Penyelamat Lingkungan Hidup, dengan Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 660.1/12/Tahun 2017. (Kp3/Hms).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: