Ngagel, Koranpati.com - Ada yang berbeda pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) LPS Cendekia Mahida 2017. Pasalnya, pada saat materi Teknik Penulisan Berita, Nur Khoiruddin sebagai narasumber, cukup unik dalam menyampaikan materi kepada peserta.

Tidak seperti biasa, menampilkan slide dan ceramah panjang lebar, tapi beliau lebih mengedepankan praktik langsung. Menurutnya, menulis adalah perpaduan antara ilmu dan ketrampilan. Jadi menulis tidak cukup hanya berbekal teori.

Enka, begitu ia akrab disapa, memberikan materi kepada peserta untuk dipelajari satu hari sebelumnya. Lalu pada saat PJTD, peserta langsung siap praktik menulis berita.

Awalnya peserta diminta untuk mencari berita di koran, dan mencari unsur 5W + 1H-nya. Lalu mereka diminta maju dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas secara bergantian. Peserta yang kurang tepat dalam mengerjakan akan mendapat koreksi secara langsung dari Bapak Enka. Setelah proses ini selesai, lalu dilanjutkan dengan praktik menulis berita.

"Menulis berita itu mudah, rumusnya hanya 3 M. Pertama, MEMBACA teori tentang menulis. Kedua, MEMBACA berita. Dan ketiga adalah MENULIS berita. Ingat 3 M; membaca, membaca dan menulis." Begitu wejangan yang ia berikan kepada peserta PJTD siang itu. (Red-KP99/FM & NS).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: