Papua Barat, Koranpati.com – Presiden Joko Widodo memperingat Hari Ibu bersama para menteri perempuan di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12/2017). 

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengungkapkan latar belakang sejarah mengapa Hari Ibu ditetapkan pada 22 Desember. 

“Hari dimulainya Kongres Perempuan Indonesia pertama tanggal 22 Desember 1928, kini kita peringati sebagai hari ibu,” ujar Presiden Jokowi

Kongres Perempuan yang dimaksud oleh Jokowi tersebut merupakan inisiatif sejumlah aktivis perempuan yang terlibat dalam Kongres Pemuda 1928, yang terinspirasi untuk menyuarakan persatuan Indonesia melalui kongres kaum perempuan. 

Presiden Jokowi berpesan kepada para ibu di Indonesia untuk mengingat dan meneladani perjuangan yang dilakukan oleh para perempuan.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memperkenalkan sembilan menteri perempuan yang ada dalam kabinet. 

“Ada sembilan ibu menteri, saya persilahkan mendampingi saya,” ujar Presiden sekaligus memperkenalkan mereka. 

Ibu menteri yang dimaksud Presiden Jokowi yaitu Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Nila F Muluk, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yambise.

Dari sembilan menteri yang disebutkan, tidak semua hadir saat dipanggil Presiden Jokowi. Salah satu menteri perempuan yang tidak ikut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja di Raja Ampat adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (KP11/hms),
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: