Ilustrasi

Oleh Laeli Zzakiyah
Mahasiswi Prodi PAI STAINU Temanggung

Assalamualaikum wr.wb.
A’udzubillahiminassyaitonirrojim, bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahilladzi ja’alana min ahlissunati wal jama’ah, wa ab’adana min ahli bid’ati waddzolalah’ wassholatu wassalamu’alarosulillah ammaba’dah.
Hadirin yang dirahmati allah,
Pada kesempatan kali ini perkenankanlah saya Laeli Zzakiyah mahasiswa Sekolah Tinggi Isalam Nahdlotul Ulama Temanggung prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) sedikit membagikan ilmu tentang hal hal yang membatalkan puasa.
Muslimin muslimat yang berbahagia,
Dalam kitab Fathul Qorib telah dijelaskan bahwa puasa secara bahasa artinya menahan, dan secara istilah adalah menahan dari sesuatu hal hal yang membatalkan puasa dari imsak sampai buka puasa atau sore hari.
Dalam kitab ini juga diterangkan bahwa syarat wajib berpuasa yaitu ada 4,
Islam,
Baligh,
Berakal,  dan
Mampu melaksanakan puasa tersebut.
 Jika salah satu dari syarat wajib tersebut tidak terkasana, maka tidak sah puasa tersebut atau tidak wajib melakukan puasa tersebut. Misalnya, ada seseorang yang sudah baligh namun tidak islam maka beliau ia tidak wajib berpuasa
 Jadi dalam kitab ini disebutkan ada 10 hal hal yang membatalkan puasa.
Suntik obat melalui lubang qubul atau dubur,
Masuknya sesuatu ke jalan yang tertutup, misalnya masuknya benda ke dalam otak  kita melalui kepala,
Masuknya benda melalui 7 lubang yang ada pada tubuh kita, seperti lubang mulut, lubang telinga, lubang hidung, dan lubang lubang lainnya,
Sengaja jimak pada siang hari,
Sengaja kita memuntahkan sesuatu dari mulut kita,
Nifas,
Haid,
Gila,
Murtad,
Mengeluarkan mani.
Nah, dari hal hal yang telah kita ketahui maka dari itu kita harus bisa menjaga dan menahan hawa nafsu kita dari hal hal yang membatalkan puasa. Karena dalam bulan ramadhan bulan yang penuh kesucian, kita dianjurkan untuk fastabikhulkhairat, yaitu berlomba lomba dalam kebaikan.
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan itu dari saya sendiri. Dan bila ada kelibihan, itu semata hanya dari allah swt.
 Wallahulmuwafiq illa aqwamittorieq.
Wassalamuailaikum wr.wb.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: