Oleh Isna Nurul Latifah
Mahasiswi PAI 2 B STAINU Temanggung

Assalamualaikum wr,wb.
Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehedirat Allah S.W.T Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya sehingga kita bisa bertemu lagi tanpa ada halangan suatu apapun.
Sholawat teriring salam semoga tercurahkan kepada junungan kita Nabi Agung Muhammad S.A.W semoga kita mendapatkan syafaatnya di yaumul kiyamah nanti, amin...

Disini saya Isna Nurul Latifah dari kelas PAI 2 B STAINU Temanggung kan menyampikan sedikit tentang keutamaan bulan suci ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana detik demi detik yang dilaluinya lebih berharga dibandingkan dunia seisinya. Di sebut sebagai bulan yang penuh berkah karena banyak manfaat dan kebaikan diantaranya adalah;

Pertama bulan ampunan dosa
Rasulullah S.A.W bersabda “barang siapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah S.W.T maka kan diampuninya dosa yang telah lalu. Hadist tersebut menunjukan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan maghfirah sebab berkumpul didalamnya amalan yang dapat menjadi faktor diampuninya dosa seorang hamba. Jika seorang hamba melakukan suatu amalan saja dengan ikhlas, maka amalan ini menjadi penghapus dosa yang telah lalu.
Kedua, dilipat gandakan pahalanya
Semua pahala amalan dilipat gandakakn oleh Allah S.W.T jika pada hari biasa dilipat gandakan antara 10 – 700 kali lipat, maka di bulan ramadhan ini dilipat gandakan dengan jumlah yang tidak terbatas.
Ketiga, mengkondisikan kaum muslimin untuk beramal sholeh
Bulan Ramadhan telad dikondisikan sedemikian rupa untuk menjadi bulan taubat, bulan beribadah, dan bulan yang penuh dengan kebaikan. Seakan akan tidak ada tempat untuk melakukan maksiat. Di bulan ramadhan ini di buka pintu-pintu surga dan di tutup pintu-pintu neraka. Setan-setanapun dibelenggu, serta diwajibkan bagi seluruh kaum muslimin untuk berpuasa. Realita denga kehidupanpun membuktikan bahwa banyak kalangan kaum muslimin tidak mampu berpuasa di luar bulan ramadhan. Namun ketika bulan ramadhan datang, mereka dapat melaksanakan ibadah puasa tersebut. Dan yang biasanya tidak mampu  melaksankan sholat malam, ketika bulan ramadhan datang mereka dapat melaksanakannnya dengan penuh semangat.
Keempat, adannya malam lailatul qadar ini adalah puncak keberkahan di bualan ramadhan. Yang mana pada malam ini, merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Inilah berkah yang dikandung oleh bulan ramadhan hendaknya dapat memotivasi kita karena bulan ramadhan adalah anugerah yang luar biasa dari Allah S.W.T semoga Allah senantiasa menuntun kita pada jalan kebaikan dan menjaga kita dari kesesatan.
Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan di hati saya mohon maaf.
Wassalamualaikum wr,wb.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: