Ilustrasi Nu.or.id

Oleh Auli Anggi Pratiwi
Mahasiswi STAINU Temanggung

Assalamu’alaikum wr wb
 Alhamdulillah Robbil ‘alamin, Nahmatuhu Wa Nastaiinu wanastaghfiruhu..Wana uudzu billahi min syururi anfusina wa min sayyiati A’malina.. mayahdillahu Fala Hadiyalah… Asyhadu allaa ilaaha illallah wa Asyhadu anna muhammadarrasulullah… allahummasolli ala sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad .. amma ba’du..

Islam dan iman itu memiliki ciri khas tertentu. Oleh karena itu, belum tentu orang yang mengaku-ngaku islam itu benar keislamanya. Begitu juga orang yang mengaku-ngaku beriman itu pasti dibenarkan keimananya. Karena allah berfirman dalam QS Al-Baqarah : 8
ومن الناس من يقول ا منا بالله واليوم الاخر وما هم بمؤمنين


Salah satu manusia ada yang mengucapkan “saya beriman kepada allah dan hari kiamat” tetapi kenyataanya dia tidak beriman.
Saudara-saudaraku seiman dan setanah air

Yang dimaksud moslem sebenarnya adalah orang yang pasrah dan tunduk jiwa raganya kepada allah, segala perbuatanya sesuai dengan perintahnya. Lidahnya tidak pernah berkata buruk seperti mencela, berbohong, bersumpah palsu, suka membuka rahasia orang lain, tanganya tidak pernah berbuat hal yang dilarang seperti mencuri, memukul orang lain tanpa alasan atau salah dan sebagainya. Bahkan lisanya selalu dipergunakan untuk berdzikir kepada allah, serta mengajak kebaikan. Dan tanganya digunakan untuk mencari pekerjaan yang halal dan menolong orang lain.

Muslim yang sejati tidak akan pernah berani mengubah hukum yang tertulis dalam kitabnya dan mencela syariatnya. Tetapi, mukmin yang sejati itu seperti ynag dijelaskan dalam al-qur’an dan hadist yaitu apabila disebut nama allah hatinya bergetar, raganya tentram, air matanya mengalir. Apabila mendengar bacaan al-qu’an hatinya merasa tentram dan bertambah keyakinan. apabila melakukan shalat,  bertambah kekhusyu’annya dan kerendahanya.  Dan apabila memiliki harta selalu digunakan untuk membantu membangun masjid, sekolah pondok, dll.
Saudara-saudaraku seiman dan setanah air

Mukmin sejati adalah orang yang menjalankan perintah allah dan meninggalkan larangan allah dan orang yang teman kumpulanya adalah orang mukmin pula , tidak suka bergaul dengan orang-orang yang memusuhi agama islam, seperti yang dijelaskan dalam QS Al-Hujurat : 10
انما المؤمنون إخوة فأصلحوا بين أخويكم واتقوالله لعلكم ترحمون
Sesungguhnya orang yang beriman itu bersaudara, berbuatlah baik kepada saudara-saudara kalian, dan bertakwalah kepada allah agar mendapat belas kasih.


Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.
Akhirul kalam, Wallahu muwafiq illa aqwamithaariq...
Wassalamu’alaikum wr.wb
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: