Dukuhseti, Koranpati.com - Keluarga bani Madkur - Khofsah menggelar halalbihalal dan reuni di Dukuh Kedawung, Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Ahad (9/6/2019). Keluarga bani Madzkur dan Khofsah merupakan keluarga besar yang sudah lama menggelar tradisi halalbihalal.

Madzkur bin Yasir sudah wafat pada Sabtu Wage 30 April 1996. Sedangkan Khofsah binti Ismail wafat pada 13 Mei 2014. Pasangan ini melahirkan tujuh anak, yaitu Aminah, Siti Zuhroh, Ngalimun, Rohim, Isfaizah, Mahmudah, dan Khamzawi.

Selain silaturahmi dan bersalaman, keluarga ini biasa setah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan suci Ramadan, merayakan Idulfitri pada 1 Syawal, mereka menggelar halalbihalal dan rutinitas kegiatan seperti tahtimul quran bilgaib atau binnador, tahlil, dan doa bersama.

Dikatakan Ngalimun, bahwa kegiatan halalbihalal tersebut bertujuan menjadi perekat keluarga dan menyambung tali silaturahmi. "Acara dimulai setahun sekali saat haul Mbah Madkur Yasir," kata Kasi Kesra Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Pati itu.

Pihaknya menegaskan, meski sederhana, tradisi halalbihahal ini menjadi wahana untuk silaturahmi, saling memaafkan, dan melestarikan tradisi tahtimul quran, tahlilan, doa bersama dan merekatkan kekeluargaan karena tidak semua anggota keluarga dapat berkumpul setahun sekali. (Kp99).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: