Koranpati.com - Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Kabupaten Blora resmi dimulai pada hari Senin (24/6/2019), dan dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho bersama Bunda PAUD Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum yang tidak lain merupakan istri Bupati.

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, acara pembukaan Gebyar PAUD dimeriahkan dengan pertunjukan tari kreasi yang dimainkan oleh anak-anak. Turut hadir dalam acara tersebut para istri Forkopimda, Sekda, Kepala OPD terkait, Camat, dan para Ketua Organisasi Wanita.

Dalam sambutannya, Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi pelaksanaan Gebyar PAUD yang terus dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan menekankan pentingnya pendidikan anak pada saat usia dini.

“Pembentukan pola perilaku manusia itu terjadi semenjak kecil. Sehingga anak usia dini seharusnya diberikan pendidikan yang benar, mengingat daya tangkap anak umur satu sampai lima tahun sangat kuat. Bekali mereka dengan pendidikan yang benar, dan akhlak yang mulai sejak usia dini,” ucap Bupati.

Melalui Gebyar PAUD ini misalnya, menurut Bupati bisa diajarkan tentang kejujuran, kerjasama, gotong royong, sportifitas dan lain sebagainya sehingga kelak memiliki karakter pribadi yang kuat.

“Unsur terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran. Berawal dari mendengarkan hal-hal yang positif, menangkap perilaku yang baik, sehingga bisa menjadi percaya diri yang akhirnya akan mempengaruhi perilakunya kelak. Selamat mengikuti Gebyar PAUD 2019,” lanjut Bupati.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum berharap agar anak-anak  usia dini bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan tercukupi gizinya dengan baik. Bunda PAUD meminta agar seluruh guru PAUD memperhatikan hal ini.

“Saya mengajak seluruh bunda se Kabupaten Blora untuk bersama-sama memperhatikan kondisi kehamilan sampai dengan melahirkan. Hal itu sangat penting dilakukan untuk mengurangi potensi stunting dan angka kematian bayi usia dini,” ujar Bunda PAUD.

Dengan begitu, Bunda PAUD ingin agar di Kabupaten Blora tidak ada lagi kasus stunting satu pun. Dengan diadakanya acara ini ia juga berharap agar dapat menghasilkan atau membentuk anak-anak yang sehat dan cerdas seperti yang diinginkan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo, S.STP, MA, melaporkan bahwa kegiatan Gebyar PAUD ini dilaksanakan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas anak usia dini, serta untuk meningkatkan motivasi bermain mereka. Sehingga muncul rasa keberanian, percaya diri dan mudah bergaul.

“Gebyar PAUD dilaksanakan melalui berbagai bentuk perlombaan atau permainan, diantaranya mewarnai, bermain bola, menari, balap sarung, menyanyi dan lain sebagainya. Yang nilainya unggul akan ditetapkan sebagai juara, dan mendapatkan piala serta uang pembinaan,” terang Hendi Purnomo.

Usai pembukaan, Bupati didampingi Bunda PAUD dan rombongan berkesempatan melihat langsung sejumlah pos perlombaan dan permainan anak yang dilaksanakan di komplek Rumah Dinas Bupati Blora.

Bupati menyempatkan diri berinteraksi dengan anak-anak, sembari memberikan semangat dan motivasi. Sesekali memberikan waktu untuk foto bersama dan berdialog bersama. (KP44).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: