Koranpati.com - Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), pada hari Rabu (26/6/2019) menggelar resepsi peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23. Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, acara dihadiri ratusan lansia dari berbagai organisasi dan komunitas.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si, didampingi jajaran Forkopimda dan Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si. Ditandai dengan syukuran pemotongan tumpeng dan penyerahan tali asih kepada perwakilan Lansia yang tergabung dalam Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Blora.

Kepala Dinsos P3A, Dra. Indah Purwaningsih M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa resepsi ini merupakan puncak kegiatan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 tingkat Kabupaten Blora.

“Sebelumnya, minggu lalu telah dilaksanakan senam bersama Lansia yang dihadiri langsung oleh Bapak Bupati, Forkopimda dan Pak Sekda. Selain senam bersama, ada juga dialog dengan Bapak Bupati serta pembagian doorprize. Puncaknya resepsi kali ini,” ucap Indah Purwaningsih.

Menurutnya, peringatan Hari Lansia ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada para lansia yang telah berkarya untuk bangsa dan negara, dan tetap semangat beraktivitas meskipun sudah sepuh (tua-jawa).

Sebelumnya, beberapa anggota Komda Lansia Kabupaten Blora menyanyikan mars Lansia di depan seluruh tamu undangan. Wakil Bupati pun terkesima dengan penampilan para Lansia yang masih tetap semangat meskipun sudah lanjut usia.

“Saya salut dengan para senior, Bapak dan Ibu semuanya. Saat menyanyikan mars Lansia tadi tampak energik dan liriknya menggambarkan semangat Lansia untuk tetap berkiprah dalam pembangunan. Pengalaman dan saran jenengan sangat kami butuhkan untuk melanjutkan pembangunan,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati meminta agar para Lansia tetap aktif beraktivitas. Baik berorganisasi, kumpul teman sesama Lansia, maupun bergabung dengan berbagai komunitas olahraga untuk menjaga kesehatan. Seperti komunitas jantung sehat, komunitas senam, komunitas sepeda dan lainnya.

“Tadi ada komunitas MAOS (Manut Obahe Sikil) ini unik namanya, tapi semangatnya luar biasa. Terkadang yang rajin berolahraga justru Bapak Ibu Lansia seperti jenengan semua, yang muda-muda seperti saya ini malah jarang olahraga. Saya ingin nanti bisa bersemangat berolahraga seperti Bapak Ibu semuanya,” kata Wakil Bupati.

“Saya mewakili Bapak Bupati, atas nama Pemerintah Kabupaten Blora mengucapkan Selamat Hari Lanjut Usia Nasional ke 23. Semoga dengan adanya peringatan ini, semakin banyak lagi perhatian pemerintah daerah kepada kaum Lansia. Lansia jangan dipandang hanya bisa momong cucu, namun mereka juga tetap bisa berkarya dan menyumbangkan pemikirannya untuk pembangunan,” pungkas Wakil Bupati.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati bersama perwakilan Forkopimda dan Sekda, juga menyerahkan sejumlah bantuan sembako dan tali asih kepada sejumlah Lansia. Acara lantas dilanjutkan dengan ceramah kesehatan untuk lansia dan pembagian undian hadiah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), para pejabat yang sudah purna dan para sesepuh tokoh masyarakat. (KP44).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: