Judul buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis :M. Taufik, S.H., M.H.,Diyan Isnaeni, S.H., M.H.,Dr.Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs Yaqub Cikusin, S.H.,M.Si., Dr.Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Bisbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H.Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.ap., M.Si., Drs.Noorhuda Muchsin, B.E., M.M.,Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting    : Hayat dan H.Suratman
Penerbit         : Baskara Media Aditia Group
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, 1 Juli 2018
Tebal Buku    : xii +382 Halaman

Dari Buku ini menjelaskan mengenai Pancasila secara lebih mendalam dan secara keseluruhan demi kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.Terutama bagi kalangan Mahasiswa.

Dan buku ini tesusun beberapa bab, masing- masing bab ini mencakup dalam semua hal,yaitu: Pancasila dalam lintas sejarah, Pengerian Pancasila dan Perkembangannya, Pancasila sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai sistem Filsafat, Pancasila sebagai etika Politik, Hubungan Agama dan Pancasila, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat dan bernegara, Nilai Pancasila dalam dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, sistem Pemerintahan,dan Pancasila sebagai dasar Nilai pengembangan Ilmu dan Teknologi.

Di dalam buku ini juga ditulis dan disusun berbagai macam latar pendidikan untuk  menghasilkan sebuah buku yang lengkap dan mudah dipahami tentunya oleh kalangan mahasiswa dan mungkin setelah di bacanya atau dipahaminya buku ini setidaknya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yang sebelumnya mereka tidak tau akan yang namanya nilai-nilai pancasila dan lebih pentingnya lagi yang sebelumnya Mahasiswa,mahasiswi hanya tau pancasila itu hanya sebatas ideologi Negara saja tampa tau makna dan fungsi pancasila secara keseluruhan.

Negara yang cukup besar ini tentunya kita memiliki pemimpin yang tau akan memimpin Negara yang sedemikian banyak perbedaan sehimgga pemimpin tersebut harus memiliki sifat kepemimpinan yang mampu memimpin Negara ini, dan pemimpin tersebut harus memimpin sesuai dengan nilai-nila ideologi Pancasila.

Dalam membangun suatu Negara yang baik tentunya suatu Negara ini memiliki dasar serta asas-asas untuk mewujudkan Negara yang makmur, maka dari itu harus memiliki pancasila sebagai paradigma pembangunan. Adapun untuk melakukan Sesuatu tindakan yang berkaitan dengan kepentingan Negara yang harus berlandaskan nilai-nilai pancasila.

Disisi lain juga pernah disinggung di atas Pancasila juga sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana pancasila ini turut ikut ambil bagian dalam pemgembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memang sangat dibutuhkan guna dapat mempercepat laju perkembangan suatu Negara, sehingga seiring dalam perkembangan jaman Negara Indonesia tetap mengikuti sesuai dengan perkembangannya namun terlepas dari hal itu semua pasti ada dampak-dampak negative yang di timbulkan dari iptek ini, maka dari itu pengembangan iptek ini tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai pancasila.
Terimakasih.

Peresensi, Muhammad Syihabur Rohman Mahasiswa Universitas Islam Malang
Program Studi  Ilmu Administrasi Negara.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: