Judul Buku : Pendidikan Pancasila
Penyunting: Hayat dan H. Suratman.
Penulis : M. Taufiq, S.H.,M.H., Diyana Isnaeni, S.H.,M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H.,M.H., Dr. Suratman, S.H.,M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.H., Dr.H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E.M., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penerbit : Baskara Media
Tahun terbit : 2018
Ukuran: 15 x 23 cm
Jumlah halaman: 382 halaman
Harga Buku   :  RP 42.000

Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional) Arti kata pendidikan menurut beliau ialah tuntutan didalam hidup tumbuhya anak anak, dan mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi tingginya.sedangkan arti pancasila ialah di kutip dari buku pendidikan pancasila ini adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa ,(Malang:Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi,2018)39.Hayat,loc.cit

Tujuan adanya pendidikan pancasila adalah untuk membangun pendidikan serta membentuk manusia indonesia sebagai insan  yang memiliki pembangunan yang tinggi serta, bermutu dan ikut serta dalam perkembangan berbangsa,bernegara dan mewujudkan ketahanan yg tangguh serta paham akan pancasila.

Selain itu, tujuan dari buku ini juga sejalan dengan program Presiden Joko Widodo pada ulang tahun indonesia yang ke-74 yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.Pembangunan karakter keindonesiaan dan peningkatan sumber daya manusia yang unggul lewat pemanfaatan pendidikan pancasila dalam pendidikan perguruan tinggi.

Penulis jugabmengkritisi atas kurangnya pemahaman pelajar indonesia tentang pancasila serta ideologi dan nilai-nilai moral yang terkandung dalam pancasila.Banyak dari kita yang mengetahui pancasila hanya sebagai dasar negara dan hanya dihafalkan saja.Justru pemahaman nilai nilai pancasila lah yang penting dan harus dipelajari ,dengan cara pemanfaatan pendidikan pancasila ini untuk memahami secara utuh nilai nilai dan pengamalan secara menyeluruh perilaku pancasila.

Buku juga memberi pembelajaran dalam pembentukan pemuda indonesia,khususnya para mahasiswa memiliki moral ,adab,perilaku  berjiwa panjasila dan berakhlak serta penanaman jiwa nasionalis yg selama ini luntur dalam pemuda indonesia.

Penjabarkan tentang semangat patriotik dari masa ke masa,Proses pembentukan negara indonesia dan pemersatukan nusantara.Pembentukan kerajaan kerajaan di indonesia sampai arti BHINNEKA TUNGGAL IKA.Lahirnya semangat nasionalis yang tergambar dalam di bentuknya “Budi Utomo”pada tahun 1908 sebagai awal pemersatu bangsa indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan  .Awal Pembuatan pancasila pada sidang BPUPKI pada 28 mei sampai 1 juni menhasilkan 3 rumusan yang diusulkan oleh Mr.Muh.Yaminpada 29 mei 1945,dan pada 30 mei 1945 oleh Dr.soepomo ,dan pada 1 juni 1945 oleh Ir.Sukarno dengan gagasan yang di beri nama “PANCASILA”,oleh sebab itu kenapa pada 1 juni di peringati sebagai hari lahirnya pancasila karena pada tanggal tersebut istilah pancasila lahir.Dalam sidang pertama ini masih belum ada kesepakan.Dalam sidang kedua pada tanggal 10-16 juli BPUPKI membentuk Panitia 9 dengan menghasilkan suatu pemikiran yaitu Piagam Jakarta.Piagam jakarta inilah yang menjadi cikal bakal pancasila.

Selain penulisanya yang rinci,buku ini juga menyandingkan hubungan antara pancasila dengan agama dan menjelaskan secara detail bagaimana masuknya islam ke nusantara. Toleransi dalam beragama juga di jelaskan dari sisi agama serta pengamalanya dalam pancasila.

Nilai nilai pancasila juga dijelaskan secara sistematis mulai dari pengertian,asal usul,hingga menjelaskan agama sebagai sumber dan pondasi nilai nilai dalam pancasila.Sistem pemerintahan juga dibahas dengan gamblang dan jelas dari sistem pemerintahan hingga sistem pemilu dan kepartaian di indonesia.

Yang paling bagus dari buku ini ialah di bab terakhir yaitu pancasila sebagai dasar nilai pengetahuan dan teknologi karena,Buku ini menjelaskan bahwa pancasila sebagai dasar nilai serta pengembangan IPTEK.Penjelasan pancasila menjawab dinamika dan tantangan jaman sekarang tentang berkembangya IPTEK yang semakin pesat.

Menurut saya kekurangan dari buku ini ialah mungkin kalau di kembangkan ke elektronik book akan lebih baik.Dari keseluruhan buku bagus ,cover ,penulisan juga baik.
Kesimpulan dari buku ini ialah pancasila sebagai nilai-nilai luhur bangsa kita harus mengamalkan dalam kehidupan sehari hari serta,  perjalanan pancasila dari masa masa membuktikan bahwa pancasila adalah dasar yg kuat dan menjadi pondasi yang hebat.selain itu, pancasila juga bersentuhan dengan nilai budaya , agama dan ilmu pengetahuan agar seluruh aspek bermasyarakat seimbang .


Persensi Alfanul Mutakin, Universitas Islam Malang.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

1 comments: