Judul buku   : PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Penulis     : M. Taufik, S.H.,dkk
Penyunting      : Hayat dan H. Suratman
Cetakan     : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku   : XII + 382 halaman
ISBN    : 978 602 50306 73
Peresensi.      : Evita suci dwi nurani
Asal Institusi. : Universitas Islam Malang

Mengenal hubungan Pancasila dengan zaman Millenial
Buku ini terdiri dari beberapa bab. Kita akan mengupas satu-persatu untuk masing-masing babnya. Berikut ini penjelasannya :

BAB 1 Pancasila Dalam Lintasan Sejarah
Di dalam bab ini kita akan mengenal asal usul Pancasila dari zaman ke zaman, tahun ketahun, hingga abad ke abad. Seperti yang akan dijelaskan dalam bab ini yaitu menhgenal asal usul Pancasila dari zaman Kerajaan hingga zaman Pasca kemrdekaan, disini kita bisa mengetahui banyaknya konflik dan usaha yang terjadi dalam menyusun Pancasila.

BAB 2 Pengertian Pancasila dan Perkembangannya
Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi Ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila merupakan ideologi bagi negara Indonesia. Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintah negara.Pancasila merupakan kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang mementingkan semua komponen dari sabang sampai  merauke.

Maka dari itu, di bab ini kita akan mempelajari tentang maksud dari Pancasila menurut para ahli dan peristiwa perumusan dan pengesahan Pancasila. Disini kita dapat mengetahui usaha dari para pahlawan Indonesia dalam perumusan dan pengesahan Pancasila. Dan banyaknya berbagai macam peristiwa terjadi di sini, baik dari dalam negri maupun dari luar negri.

BAB 3 Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Menurut Kaelan, op.cit., ideologi adalah mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita. Disini kita akan mempelajarai tentang perbedaan-perbedaan Ideologi, macam-macam ideologi, dan hubungan antara ideologi dengan Pancasila.


BAB 4 Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Filsafat berasal dari kata Yunani yang artinya cinta akan kebijaksanaan, pada bab ini kita akan mempelajari tentang manfaat-manfaat filsafat, landasan filsafat, dan hubungan pancasila dengan filsafat dan juga sebaliknya. Disini kita bisa mengetahui lebih mendalam tentang Filsafat Pancasila.

BAB 5 Pancasila Sebagai Etika Politik
Sebelum membahas tentang etika politik kita perlu mengetahui tentang Nilai,Norma dan Moral serta hubungan yang dimilikinya.kemudian kita akan memahami tentang etika dan politik dari berbagai teori dan prinsip-prinsip dasarnya serta menceritakan tentang kontribusi Umat Islam dalam Perpolitikan Nasional.

BAB 6 Hubungan Agama dan Pancasila
Indonesia telah ,engakui keberadaan 6 agama resmi yakni Islam, Kristen Katolik, Kristen protestan, Hindu, Budha dan khonghucu. Berbagai agama ini berkembang di Indonesia hingga saat ini dan juga tak terlepas dari sejarahnya. Di bab ini kita akan membahas tentang sejarah perkembangan agama di indonesia, keberadaanya sebelum penjajahan, hubungan agama dengan indonesia dan hubungan agama dengan pancasila hingga perkembangan agama hingga saat ini.

BAB 7 Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara
Masyarakat “madani” adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tingggi nilai-nilai kemanusiaan, maju dalam penguasaaan ilmu pengetahuan  dan teknologi.Karena itu dalam sejarah filsafat,sejak filsafat yunani sampai masa filsafat Islam juga dikenal istilah madinah atau polis, yang berarti kota, yaitu masyarakat yang maju dan peradaban.

Maka dari itu, di bab ini kita dikenalkan hubungan paradigma dengan kehidupan. Peran paradigma sangat banyak sekali seperti yang akan dijelaskan saat ini, dari hubungan paradigma yang akan dijelaskan dengan hadist-hadist dan juga hubungan sosial politik lainnya.

BAB 8 Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Nilai tidak hanya mempunyai satu makna, tetapi nilai mempunyai beragam makna dari berbagai teori,  berbagai ahli dan berbagai sudut pandang. Disini kita akan memperlajari berbagai makna nilai, tingkatan nilai, penjabaran nilai serta menceritakan asal usul nilai pancasila mulai dari zaman kerjaan hingga zaman sekarang.



BAB 9 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Hubungan antara Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) secara garis besar dapat dilihat dari dua bagian, yakni hubungan antara Pancasila dengan Pembukaan (Mukaddimah) UUD 1945 dan hubungan antara pancasila dengan pasal-pasal dalam UUD 1945.

Bukan hanya tentang UUD yang akan dijelaskan, tetapi juga menjelaskan tentang berbagai bentuk hukum dan berbagai bentuk tugas pemerintah dan lembaga-lembaga yang ada di Indonesia.

BAB 10 Sistem Pemerintahan
Pemerintahan merupakan bagian dari fungsi politik dalam ketatanegaraan, Tata cara pemerintahan, dasar dasar pemerintahan, ataupun dalam hal kekuasaan Negara tertuang dalam sebuah konsensus awal pembentukan Negara. Indonesia dengan ideologi pancasila menganut sistem pemerintahan yang demokratis sesuai dengan kebutuhan negara untuk menjamin masyarakat bebas berpendapat dan membangun partisipasi yang efektif dan efisien.

Pada dasarnya bentuk pemrintahan tidak menetap dari berbgai zaman, seperti banyaknya pergantian yang terjadi dari berbagai tahun, berbagai orde dll. Disini kita akan membahas sejarah bentuk pmerintahan.

BAB 11 Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembagan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini mencapai kemajuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa. Pengembangan iptek tidak dapat terlepas dari situasi yang melingkupinya, artinya iptek selalu berkembang dalam suatu ruang budaya.

Disini kita akan menemui berbagai hubungan iptek, baik politik maupun non politik, dengan berbagai sudut pandang serta berbagai fungsi dan pentingnya perkembangan iptek pada perkembangan Pancasila.

Kelebihan dan Kekurangan
Buku ini dapat membuat kita mudah untuk menguasai dan memahami pancasila lebih cepat, buku ini adalah buku yang ditulis oleh para orang-orang hebat yang dikemas menjadi satu secara singkat dan jelas. Buku ini berisi tentang perkembangan pancasila dari zaman kerajaan hingga zaman millenial dan juga berhubungan dengan keislaman, ketuhanan hingga keterkaitannya dengan IPTEK. Selain menjelaskan tentang perkambangan pancasila dan keterkaitan pancasila dalam segala hal yang menggugah pembaca, buku ini pun memaparkan beberapa bekal kepada orang tua, guru, pelatih dan siswa agar mampu memaksimalkan tata krama yang mereka miliki.

Selain isinya yang inspiratif, buku ini mempunyai tampilan yang sangat menarik dan elegan. Desain cover maupun desain isi buku menjadikan pembaca nyaman pada saat membaca buku ini.
Terlebih, buku ini dilengkapi dengan beragam penulis maka buku ini cukup terpercaya untuk di pelajari.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh siswa, mahasiswa, guru, orang tua atau siapapun yang ingin belajar dan sukses. Harga buku ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kualitas tampilan dan isi yang akan kamu pelajari nantinya


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: