Judul Buku    : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis   :M.Taufik, S.H.,M.H. ,Diyan Isnaeni, S. H., M.H.,Dr .Mayiyadi,S. H. ,M.H. ,Prof.Dr.Drs.Yaqub Cikusin, S.H. ,M.Si.,Dr.Hj.Rahmatul Hidayat i,S. H., M.H. ,Dr.Suratman,S.H.,M.H,Dr s.H.Moh.Bakar Misbakhul Munir ,M. H. ,H.Umar Said Sugiharto.S.H. ,M.S. ,Dr .H.Abdul Rokhim, S.H. ,M.Hum. ,Hayat,S.Ap.,M.Si .,Drs.Noor huda Muchsin,B.E. ,M.M. ,Dr.Ir .Sumartono,M.P.
Tata Tampilan Isi :Much.Imam Bisri
Tata Tampilan Sampul:Ardika Feriyanto
Diterbitkan oleh:PENERBIT BASKARA MEDIA
Cetakan Pertama :July 2018
Ukuran :15 × 23 cm
Jumlah :xii + 382 halaman
Nama  Peresensi:
Muhammad Azmi Romdlony
Mahasiswa  Universitas  islam Malang (UNISMA)
Semester 1D English Departemen

Sinopsis Buku:
Didalam buku Pancasila ini disetiap BAB nya menceritakan bahwa arus globalisasi memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan warga negara dalam berbangsa dan bernegara.Tidak hanya itu,dilema pengalaman nilai-nilai pancasila juga banyak yang tidak sesuai dengan kondisi dan situasinya.Baik dalam konteks,pancasila dalam negara dan sistem filsafat,sebagai etika politik,dalam hubungan agama,pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan berbangsa,bernegara dan bermasyarakat,serta pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan.

Di bab pertama menjelaskan bahwa Pancasila Dalam Lintas Negara menceritakan bahwa adanya masa kerajaan,masa penjajahan,masa kebangkitan nasional,masa pasca kemerdekaan,Dan ideologi negara yang seharusnya menjadi acuan dan landasan seluruh elemen bangsa Indonesia khususnya para negarawan dan para politisi serta pelaku ekonomi dalam berpartisipasi membangun negara ,justru menjadi kabur dan terpinggirkan.Berbagai fenomena itu kiranya menjadi referensi utama untuk melakukan retrospeksi secara nasional seluruh komponen bangsa ini,tanpa terkecuali.(hlm 1)

Di bab kedua berisi tentang bagaimana kita memahami peran Pancasila di Era Reformasi,khususnya dalam konteks sebagai dasar negara dan ideologi nasional,merupakan tuntutan hakiki agar setiap warga negara Indonesia memiliki pemahaman yang sama.(hlm 39)

Dilanjutkan dengan Bab ketiga yang menjelaskan sebagai Ideologi Negara meliputi ideologi terbuka&tertutup,partikular&koprehensif,hubungan antara filsafat&ideologi,ideologi yang reformatif,dinamis dan terbuka,ideologi liberal,ideologi sosialisme komonis.(hlm 51)
Di Bab yang keempat berisi tentang Pancasila Sebagai Sistem Filsafat meliputi landasan ontologi filsafat pancasila,landasan epis temologi,landasan aksiologi,pancasila sebagai nilai dasar fundamental bagi bangsa dan negara.(hlm 71)

Di Bab kelima Pancasila Sebagai Etika Politik yang berarti sebagai suatu kesatuan nilai yang terpisah satu sama lain,nilai-nilai tersebut bersifat universal,dapat ditemukan dimanapun dan kapanpun.Namun,sebagai suatu kesatuan nilai yang utuh,nilai-nilai tersebut memberikan ciri khusus pada ke-Indonesiaan karena merupakan komponen utuh yang terkrisatlisasi dalam Pancasila.Pancasila yang pada awalnya merupakan konsensus politik yang memberi dasar bagi berdiriya negara Indonesia,berkembang menjadi konsensus moral.(hlm 93)

Bab yang keenam berisi tentang Hubungan Agama dan Pancasila membahas tentang agama yang merupakan realitas yang berada disekeliling manusia.Agama juga diyakini tidak hanya berbicara soal ritual semata melainkan juga berbicara tentang nilai-nilai yang harus dikonkretkan dalam kehidupan sosial.Indonesia dengan Pancasila telah memberikan guidance soal relasi agama dan negara secara universal.(hlm131)

Bab yang ketuju berisi tentang Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat yang berarti ,Berbangsa,dan Bernegara,dan Beragama.(hlm 165)
Bab yang kedelapan berisi tentang Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat,Berbangsa dan Bernegara yang menjelaskan tentang sila-sila yang telah ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdeaan Indonesia dalam Pembukaan UUD Republik Indonesia bahwa Pancasila terdiri dari 5 sila yaitu :Ketuhanan Yang Maha Esa,Kemanusian yang adil dan beradab,persatuan Indonesia,kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyaratan perwakilan,keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.(hlm 221)

Bab yang kesembilan adalah UUD Negara Republik Indonesia yang salah satunya menjelaskan bahwa penjabaran pancasila dalam pasal-pasal UUD 1945,sebagai pokok pikiran yang meliputi suasana Kebatinan Dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Idonesia.Pokok pikiran ini mewujudkan cita-cita hukum yang menguasai hukum dasar negara,baik hukum teertulis maupun hukum yang tidak tertulis.Undang-Undang Dasar menciptakan pokok-pokok pikiran ini dalam pasal-pasalnya.(hlm 285)

Bab yang kesepuluh adalah menjelaskan tentang Sistem Pemerintahan meliputi tentan pemerintah terhadap lembaga-lembaga yang ada dalam suatu negara adalh pemerintah.Lembaga-lembaga negara negara tersebut bukan hanya badan eksekutif saja,tetapi ada badan leglislatif yang mempunyai tugas membuat peraturan undang-undang dan lembaga yudikatif adalah badan penyelenggara negara dalam bidang hukum atau yang bisa disebut sebagai badan pengadilan dalam suatu negara.(hlm 305)

Bab yang kesebelas membahas tentang  Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi merupakan derajad keilmuan yang  tinggi yang dimiliki oleh seseorang dan mampu menjadi alat untuk menyelesaikan semua masalah.Pandangan Islam terhadap Iptek merupakan suatu hal yang  tidak bisa ditinggalkan oleh seseorang ,karena sangat penting.Bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.(hlm 339)

Kelebihan Buku           : Buku ini sangat bermanfaat karena mengandung nilai-nilai penting pancasila dalam kehidupan,agar kita sebagai penerus bangsa bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari.Buku ini bukan hanya untuk mahasiswa tetapi sanngat bermanfaat juga buat masyrakat umum untuk mempelajarinya.

Kekurangan Buku        : Buku ini masih kurang singkat,padat dan jelas,masih banyak kata yang sulit dipahami.Dan buku belum terjual di bookstore umum seperti gramedia dll,buku hanya dijual bookstore UNISMA.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: