Judul buku: Pendidikan Pancasila
Pengarang: M. Taufik, S.H.. M.H. DKK
Penerbit: BASKARA MEDIA
Tahun Terbit dan Cetakan: 2018, Cetakan Pertama
Tebal Buku: 382
Harga Buku : Rp. 42.500

IKHTISAR BUKU:
M. Taufik, S.H.. M.H. beliau lahir di Kabupaten Sampang tanggal 01 juli 1965. Pendidikan dasar sampai pendidikan menengah atas diselesaikan di Kabupaten Sampang. Pendidikan Sarjananya diselesaikan di Universitas Brawijaya Malang lulus tagun 1990 dengan Bindang Studi Hukum Perdata. Pendidikan Magister diselesaikan di Universitas yang sama. Saat ini menjadi dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Islam Malang.

Perbandingan Buku Pendidikan Pancasila dengan buku Pancasila lainnya menurut saya tidak terlalu beda. Dan menurut saya juga buku Pendidikan Pancasila yang saya baca ini sudah sangat lengkap. Yang membuat saya tertarik dengan buku ini adalah menjelaskan tentang sejarah-sejarah pancasila secara detail. Dan pada buku ini merupakan suatu pengalaman pengarang.

Tema dalam buku Pendidikan Pancasila secara garis besar adalah membicarakan tentang sejarah pancasila dari awal tersusunnya sampai sekarang. Dan pancasila sebagai Paradigma kebidupan dalam bermasyarakat dan bernegara. Selain membahas sejarahnya pancasila dalam buku ini juga membahas tentang Undang-Undang Dasar dan Sistem Pemerintahan.

KEUNGGULAN BUKU:
Buku ini memudahkan kita untuk memahami tentang pancasila. Bukan hanya memberikan kita tentang pemahaman pada pancasila saja, akan tetapi ditambahkan nilai-nilai agama yang terkait dengan dasar-dasar pancasila.

Pengarang juga menambahkan beberapa pandangan beliau dengan apa yang terjadi saat ini. Seperti, semakin rendahnya kesadaran generasi muda bangsa akan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Pendidikan pancasila tidak hanya untuk dibaca dan dipahami, tetapi juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini bisa dibaca oleh siapa saja, terutama untuk para generasi milenial saat ini. Setelah membaca buku ini saya menjamin para anak-anak muda akan tergerak untuk mengamalkan nilai-nilai yang ada pada buku ini dan mempraktekan pada kehidupan sehari-hari.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN BUKU:
Kekurang dalam buku ini adalah bahasa yang kurang dipahami oleh para pemula dan menyebabkan pesan tidak tersampaikan dengan baik. Adapun kekurang dalam buku ini pasti memilik kelebihan. Kelebihan buku ini adalah memberikan informasi atau pembelajaran yang sangat penting dan terperinci dalam bab yang ada dalam buku.

Kelebihan yang lainnya adalah buku ini sangat memberikan motivasi untuk semua pembaca agar mau mempraktekan dan mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Serta buku ini dilengkapi dalil-dalil Al-Qur’an yang berhubungan dengan pancasila yang bisa membuat para pembaca berpikir secara luas.


Nama penulis resensi: Choiril Finda Rahmayanti
Asal Universitas                : Universitas Islam Malang


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: