Judul Buku : Pendidikan Pancasila
Penyunting: Hayat dan H. Suratman.
Penulis : M. Taufiq, S.H.,M.H., Diyana Isnaeni, S.H.,M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H.,M.H., Dr. Suratman, S.H.,M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.H., Dr.H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E.M., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penerbit : Baskara Media
Tahun terbit : 2018
Ukuran: 15 x 23 cm
Jumlah halaman: 382 halaman
Persensi Alfian Milda Auliya

Asal institusi: Universitas Islam malang

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi idologi dari segala keputusan banga dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa.pancasila merupakan ideologi bagi negara Indonesa.

Istilah pancasila telah dikenal sejak zaman kerajaan sriwijaya dan majapahit dimana sila-sila yang tedapat dalam pancasila itu sudah diterapkan.adapun selain ideologi yaitu ada filsafat yang kegunaan nya hamir sama dengan ideologi namun filsafat ituyang di anjurkan bagi setiap manusi dan manfaat filsafat itu sendiri bisa merubah sikap dan pandangan kita.pancasila juga sebagai sistem filsafat.

Nilai-nilai pancasila sebagai fundamental negara sebagai sumber dari suatu sumber hukum secara objektif. Nilai-nilai pancasila juga merupakan suatu landasan moral etik dalam kehidupan bernegaraan.agar nilai lebih berguna dalam menuntun sikap dan perilaku manusia maka perlu lebih dikonkritkan dalam norma.

Hubungan agama dan pancasila sangat kuat indonesia karena indonesia telah mengalami banyak sejarah perkembangan agama. Di Indonesia sediri ada 6 agama yang telah resmi kebaradaannya, yakni Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Dan Khonghucu. Dan agama-agama tersebut sudah ada sejak masa kerajaan di Indonesia yang dibawa oleh para pedagang dari negara asing seperti Eropa. Namun, pada saat masa penjajahan dan masa pemerintahan kerajaan di Indonesia. Agama yang boleh dipeluk oleh para rakyat adalah agama yang dianut oleh pemerintahan kerajaan seperti, kerjaan kutai yang menganut hindu maka rakyat harus ikut menganut agama yang di perintahkan oleh kerajaan tersebut.

Dan dapat diketahui bahwa nilai-nilai dalam sila-sila pancasila bersumber dari nilai –nilai agama yang terkandung dalam kitab suci dan hadits rasul dari brbagai agama yng di ikuti oleh bangsa indonesia.

Kekurangan dari buku ;bahasa dari buku ini sendiri terllu tinggi dan aku sehingga agak sulit  memahami nya.

Kelebihan dari buku ;mencakup semua pendapat dari semua orang yang membaca an menli buku ini.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: