Judul Buku: Pendidikan Pancasila
Penyunting: Hayat dan H. Suratman.
Penulis : M. Taufiq, S.H.,M.H., dkk
Penerbit: BASKARA MEDIA
Tahun terbit       : 2018
Ukuran : 15 x 23 cm
Jumlah halaman: 382 halaman
Peresensi: Mochammad Alfan Khoiron
Mahasiswa UNISMA, Fakultas FKIP, Prodi PBI

SINOPSIS:
Buku ini memang ditulis dan dirancang sebagai bekal dan pedoman khususnya untuk mahasiswa mahasiswa di Indonesia.Di zaman yang serba ada ini masyarakat khususnya mahasiswa harus dapat memilah dan memilih budaya budaya yang datang dari luar,yang tidak jarang benbenturan dengan norma atau etika yang berlaku di masyarakat.kenapa buku ini lebih ditujukan untuk mahasiswa? karena mahasiswa adalah agent of change(agen perubahan) yang diharapkan dapat merubah Indonesia menjadi lebih baik,karena dalam mahasiswa masyarakat percaya bahwa keputusan keputusan yang diambil mahasiswa adalah murni dari hati dan pikiran mereka sendiri,dan juga semua keputusan yang diambil oleh mahasiswa diyakini semata mata untuk kepentingan rakyat.karena itu buku ini hadir sebagai ideologi atau landasan bagi mahasiswa dalam berkehidupan dan bernegara agar sesuai dengan apa yang telah dicita-citakan para pejuang dan pendiri negara.

Namun sebenarnya buku ini juga dapat dibaca oleh segala kalangan masyarakat,baik dari kalangan intelek maupun non-intelekpun bisa membaca buku ini. Karena isi dari buku ini menurut saya sangat kompleks mulai dari sejarah pancasila,pengertian pancasila,pancasila sebagai ideologi negara,hubungan agama dan pancasila,dan pancasila sebagai paradigma dan nilai dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara,hingga pancasila sebagai dasar nilai untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK). Sejarah pancasila dalam buku ini dijelaskan dari masa kerajaan,penjajahan,kebangkitan nasional,dan pasca kemerdekaan.

Perihal pancasila sebagai ideologi negara memiliki makna  harfiah,yaitu pancasila sebagai cita-cita dasar negara.yang dimaksud disini adalah cita-cita yang bersifat permanen atau tetap yang tidak dapat diubah. Pada hakikatnya ideologi dan cita-cita itu merupakan satu kesatuan. Ideologi ada karena sebuah cita-cita,karena ketika seseorang atau negara menetapkan ideologinya,pasti ideologi tersebut berdasarkan cita-cita yang mereka miliki. Untuk hubungan agama dan negara buku ini menjelaskan bahwa pancasila memberikan guidance soal relasi antar agama. Sebenarnya setiap agama sudah memiliki dasar atau aturan dalam berhubungan dengan agama yang lain,dan disini pancasila hadir untuk menyatukan suara  menyatukan ideologi dalam berhubungan sosial dan berbangsa.

Hubungan pancasila sebagai dasai nilai dalam perkembangan IPTEK adalah seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa IPTEK dewasa ini berkembang sangat pesat. Memang dalam satu sisi berkembangnya IPTEK memberikan banyak manfaat,namun dalam satu sisi berkembang pesatnya IPTEK juga memberi efek negatif. Maka dari itu pancasila harus dijadikan dasar nilai dalam pengembangan IPTEK agar nantinya perkembangan tersebut tidak berbenturan dengan nilai-nilai yang dianut di negara ini.

KELEBIHAN BUKU:
Dalam segi isi buku ini menjelaskan secara gamblang mulai dari sejarah pancasila,pengertian pancasila,hingga hubungan pancasila dengan agama bahkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK). Penulis juga menyisipkan ayat-ayat Al qur’an yang berhubungan atau sesuai dengan suatu topik yang ada dibuku tersebut.dari segi eksternal cover buku lumayan menarik dengan paduan warna yang bagus menjadikan buku tampak elegan dan ekslusif.

KEKURANGAN BUKU:
Kurangnya gambar pendukung materi agar pembaca dapat lebih paham dengan topik yang sedang dibaca. Adanya beberapa kesalahan penulisan kata, seharusnya dapat lebih diminimalisir. Ada beberapa kosa kata yang asing dan sulit dipahami.


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: