Semarang, Koranpati.com - Dalam rangkan memenuhi kewajiban akademik, puluhan mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SDN Sarirejo Kartini Kota Semarang, Rabu (15/1/2020).

Saat pembukaan, pengawas sekolah Korsatpen Semarang Timur Lusia Endang mengatakan bahwa SDN Sarirejo Kartini merupakan salah satu sekolah unik di Kota Semarang. "Sekolah ini pernah mendapat bantuan dari Pemkot Semarang mau direnovasi, namun tidak jadi karena untuk menjaga nilai sejarah," kata dia.

Sementara Kepala SDN Sarirejo Kartini Sri Sayoga mengatakan bahwa SD yang ia pimpin itu selain memiliki akar sejarah yang menarik karena didirikan R.A Kartini, juga sudah menerapkan berbagai wirausaha. "Kita ada beberapa program yang nanti bisa dikunjungi adik-adik mahasiswa semua untuk belajar wirausaha," katanya.

Menurutnya, dulu nama SDN ini adalah SDN Kartini, kemudian kini berubah menjadi SDN Sarirejo Kartini untuk tetap menyematkan nama R.A Kartini yang juga pahlawan nasional sebagai pendiri sekolah tersebut.

Sementara Kaprodi PGMI STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda mengatakan bahwa Prodi yang ia pimpin merupakan Prodi baru sejak 2017. "Selain menyiapkan calon guru kelas jenjang MK/SD, profil lulusan kami yang kedua adalah menyiapkan calon teacherpreneurship di bidang pendidikan dasar," kata dia.

Untuk mendukung itu, kata pengurus LP. Ma'arif PWNU Jateng itu, kami menyiapkan mata kuliah teoretis dan praktik. "KKL ini merupakan salah satu mata kuliah yang dilakukan di luar untuk belajar secara langsung tentang wirausaha di bidang pendidikan dasar," lanjut penulis buku Guru Dilarang Mengajar tersebut.

Selain mereka, hadir juga dewan guru, komite, Ketua LP3M STAINU Temanggung, dosen dan mahasiswa PGMI STAINU Temanggung. Usai pembukaan, mahasiswa berkeliling dan dipandu oleh guru. Mereka belajar pengembangan bisnis batik, kompos, keterampilan dan di kelas. Selain itu, pengembangan wirausaha di SDN Sarirejo Kartini ini juga menyasar ke berbagai ranah, seperi pengembangan softskill berupa rebana, tari, khitobah, TIKI, pembuatan souvenir dari sampah, dan lainnya. (Kp99/Gandi).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: