Koranpati.com - IKESTA ( Ikatan Mahasiswa Ekonomi Syariah STAINU Temanggung) melakukan kunjungan ke UMKM yang ada di daerah Kaloran. Kunjungan ini bertujuan untuk mengembangkan, meningkatkan dan membandingkan pengetahuan mahasiswa prodi ekonomi syariah STAINU Temanggung dengan yang telah didapat di bangku kuliah.

Kunjungan ini didampingi langsung oleh Amin Nasrullah Lc. M.EK (Kaprodi Ekonomi Syariah STAINU Temanggung), Fatmawati Sungkawaningrum S.Si M.S.I. (Sekprodi) dan Najib Mubarok S.Si, M.Sc (Dewan Pembina IKESTA).

UMKM yang dikunjungi adalah UD Berkah Insani yang disambut oleh Pak Atun selaku pengelola UD Berkah Insani yang bergerak dibidang ekspor-import. Di tangan UD Berkah Insani mengubah batok kelapa yang tidak bernilai ekonomi dijadikan sebagai arang  yang bisa di ekspor dan bisa bersaing di pasar Internasional.

Kualitas arang batok kelapa ini memiliki kalori yang mempercepat panas, namun tidak menghasilkan debu ataupun kotoran,dan tidak menghasilkan asap sehingga ramah lingkungan. Potensi arang batok kelapa ini sangat disukai di Negara Arab Saudi, yang kadang UD Berkah Insani ini kualahan dalam memenuhi pesanannya.

Kunjungan kedua adalah ke Sadar Seni. Tempat ini menghasilkan souvenir yang berkualitas bagus, dan dikirim ke Papua dan Kalimantan. Barang yang diproduksi adalah tas, gantungan kunci, gambar dan barang-barang unik dari bulu domba.

Dengan kunjungan study banding ini, diharapkan kualitas mahasiswa Prodi ekonomi syariah STAINU Temanggung memiliki mental yang berani untuk memulai usaha, tidak mengandalkan harus bekerja pada orang lain. Berani memulai usaha sekarang juga dan menjaga kualitas pertemanan yang lebih baik. (KP99/hms).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: