Oleh : Eni Falasifah

Mahasiswa Prodi PIAUD INISNU Temanggung

Anak terlahir dalam keadaan fitrah atau suci, masa depan anak merupakan tanggung jawab kita sebagai guru dan orang tua. Tapi tanggung jawab utama adalah orang tua masing-masing. Orang tua yang akan membentuk karakter anak dari sejak dini, bagaimana orang tua berupaya menjadi konselor bagi anak-anaknya.Selain memahami karakter anak, orang tua juga harus memberikan contoh yang baik bagi anak, serta bisa memberikan solusi yang baik untuk anak, karena masa depan anak tergantung apa yang dilakukan oleh orang tua.

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi orang tua untuk merawat, mendidik dan membesarkan anak agar menjadi orang yang berguna. Selain kepribadian, pendidikan merupakan hal yang sangat penting seiring dengan pembentukan kepribadian anak. Dalam keluarga ibu merupakan sekolah pertama bagi anak, mulai dari pembentukan akhlak, jasmani dan kejiwaan anak. Anak yang kurang perhatian dan kasih sayang orang tua dari sejak dini akan sering terlihat pemurung dan tidak percaya diri. Usia dini adalah masa yang sangat penting untuk membimbing dan mengarahkan potensi dan kreatifitas anak menuju hal yang positif. Karena tantangan globalisasi yang semakin tinggi, maka kualitas pendidikan anak juga harus ditingkatkan.

Orang tua dalam bimbingan konseling  yaitu suatu usaha untuk membimbing dan mengarahkan anaknya agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan juga bisa mengembangkan potensi dirinya. Fitrah orang tua yaitu selalu memberikan bekal yang baik, tidak ada orang tua yang mengharapkan anaknya terjerumus dalam kesalahan atau kesengsaraan. Orang tua lebih mementingkan keselamatan anaknya dari pada dirinya sendiri. Sabar menghadapi perilaku anaknya, tidak pernah lelah untuk memperbaiki dan selalu mengingatkan perilaku anak yang salah.

Perkembangan pada usia dini akan mempengaruhi pada fase berikutnya. Ketika pada masa usia dini anak mendapatkan pengasuhan yang benar maka anak akan mampu menghadapi perkembangan selanjutnya. Maka sebagai orang tua wajib mengetahui karakteristik, kebutuhan serta permasalahan anak sehingga bisa membantu tumbuh kembang anak secara optimal sesuai dengan tugas perkembangannya. Dunia anak adalah dunia bermain, sehingga anak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan suasana senang dan ceria, dengan bermain anak akan mengerti banyak hal secara tidak langsung anak juga bisa menangkap atau merekam banyak pengetahuan melalui bermain.

Perkembangan anak yang baik dipengaruhi oleh pola pengasuhan yang sehat, dengan cinta dan kasih sayang orang tua, memberikan waktu bersama anak, memperlakukan anak sesuai dengan usianya, memberi stimulus untuk perkembangan anak. Orang tua juga perlu memperhatikan sosialemosional anak, dengan memberikan hubungan yang erat, hangat dan memberi rasa aman untuk anak, sehingga anak akan menjadi pribadi yang mudah untuk beradaptasi terhadap permasalahan yang dihadapi. Dalam UU RI No 23 tahun 2002, pasal 1 ayat 2 yang berbunyi : “Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”.

Anak yang berprestasi, berkarya dan memiliki moral yang baik pasti terlahir dari orang tua yang baik dan membimbing anaknya dengan tepat. Untuk mencapai mimpi itu orang tua perlu tau bagaimana cara mendidik dan mengasuh anak agar tumbuh dengan percaya diri, memiliki nilai-nilai hidup yang positif, mampu mencapai potensi dirinya yang terbaik dan mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupannya. Orang tua juga harus bisa membangun hubungan keluarga yang harmonis karena hal itu akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, selain menjadi sumber kebahagiaan juga bisa menambah mental anak.

Peran orang tua dalam bimbingan konseling adalah bisa mewujudkan kepribadian anak. Sebagai orang tua harus mencintai anak-anaknya, ketika anak sudah mendapat kasih sayang yang cukup dari orang tua, maka ketika anak menghadapi masalah diluar akan bisa menghadapi dan menyelesaikan dengan baik. Berbeda ketika orang tua terlalu memaksa anak untuk tunduk dan patuh maka anak akan merasa tertekan dan menjadi penghalang bagi kesempurnaan kepribadian anak. Menjaga ketenangan lingkungan rumah dan ketenangan jiwa anak, sehingga pertumbuhan potensi dan kreativitas anak bisa tersalurkan, anak diberi kesempatan untuk memilih sesuai dengan keinginannya, selagi pilihannya baik, orang tua harus mendukung dan memberi pengawasan yang baik untuk anak. Sikap saling menghormati juga perlu diterapkan, yaitu dengan mengurangi kritik dan pembicaraan negatif untuk anak. Ciptakan kasih sayang dan keakraban pada anak sehingga anak akan merasa nyaman, tapi juga harus bersikap tegas ketika anak salah supaya anak mengerti dan mau menghormati sesamanya.

Sebagai orang tua harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk anak-anaknya, mengenali persoalannya, dengan mendengarkan permasalahannya. Jangan mengomentari atau memotong pembicaraan anak, karena anakan menimbulkan kesenjangan antara apa yang diinginkan anak dengan apa yang disampaikan orang tua. Ketika orang tua sudah diberi kepercayaan oleh anak, maka sudah menjadi kewajiban untuk menyimpan rahasia permasalahan anak.

Bimbingan dan konseling untuk anak usia dini sangat penting dilakukan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya. Bimbingan dan konseling juga merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan anak usia dini, bisa membantu guru disekolah untuk memantau proses perkembangannya, kemajuan dan perbaikan hasil belajar. Karena pencarian jati diri anak harus dimulai dari sejak dini untuk membantu dalam mengembangkan bakat, minat, dan potensinya. Bimbingan dan konseling bukan hanya untuk anak yang bermasalah saja.

 

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: