Oleh Naila Najihah

Menurut data Kementerian Informasi (Kominfo), Indonesia merupakan Negara ke enam pengguna internet terbesar dengan rata-rata usia berkisar antara 18-24  Tahun. Dari data tersebut dijelaskan bahwa pengguna internet tertinggi di Indonesia adalah kaum muda. Kaum muda dengan kisaran  usia 18-24 Tahun dapat digolongkan ke dalam golongan generasi Z, yakni mereka yang lahir pada tahun 1995- 2010 sesuai dengan data yang diberikan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah mencatat bahwa pemilih dengan usia 10-20 tahun mencapai 46 juta di negeri ini. 

Dua data tersebut Jika di susun dalam sebuah piramida bagan, jumlah ini semakin meluas ke bawah di rentang usia tengah (17-39 tahun), yang berjumlah sekitar 40 persen (data BPS). Sedangkan rentang usia dewasa (40-70 tahun) hanya ada sekitar 32 persen. Dominasi Generasi muda yang masuk dalam gen Z ini tidak dapat dihindari karena kelompok ini dianggap akan memiliki banyak keunggulan tersendiri, karena di dunia belum pernah ada generasi yang sejak lahir sudah paham dengan teknologi informasi yang sangat berpengaruh saat ini di Internet.

Generasi Z ini mempunyai potensi yang lebih besar di bandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya dalam mengikuti partisipasi politiknya dengan bentuk apa pun. Hal ini didukung akan adanya penetrasi teknologi informasi di Indonesia yang cukup cepat, generasi ini dinilai oleh kelompok orang-orang paling terdidik yang pernah ada dan ini bukan hanya terjadi di Indonesia, namun fenomena ini juga terjadi di berbagai belahan dunia. Keputusan politik yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah mempengaruhi dan menyangkut kehidupan masyarakat maka, masyarakat berhak ikut serta dalam menentukan isi keputusan politik.  partisipasi politik  mencakup kegiatan-kegiatan sukarela dari masyarakat yang mana mereka mengambil bagian dalam proses pemilihan pemimpin dengan secara langsung atau tidak langsung, dalam proses pembentukan kebijakan umum.        

Konsep partisipasi politik memiliki beberapa aspek yaitu, yang pertama, mencakup kegiatan-kegiatan (perilaku politik yang nyata) tetapi bukan sikap-sikap. Kedua, kegiatan politik warga negara atau per individu dalam peranan mereka sebagai warga negara. Ketiga, yang menjadi pokok perhatian adalah kegiatan-kegiatan yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan pemerintah. Keempat, ini mencakup semua kegiatan yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pemerintah, tak peduli apakah kegiatan itu benar-benar mempunyai efek tidak tergantung dari berhasil atau tidaknya kegiatan partisipasi politik tersebut. Kelima, tidak hanya mencakup kegiatan diri sendiri ini dimaksudkan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan pemerintah atau yang disebut sebagai partisipasi otonom.  

Generasi milenial mempunyai sikap politik yang peduli dan dinamis. Sikap itu diturunkan kepada Generasi Z, Dalam hal ini, kebanyakan sikap politik generasi Z cenderung berbanding terbalik dengan generasi-generasi sebelumnya. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa masih menyisakan konservatisme.  Masa depan negeri ini ada di tangan generasi Z, yang harus semua pihak perhatikan bahwa generasi Z bukanlah generasi milenial. Generasi Z memiliki karakter dan cara berpikir yang berbeda dengan generasi milenial. Kondisi politik di Indonesia saat ini sedang berjalan menuju arah yang lebih baik bagi generasi Z, generasi ini bisa belajar dari 2 periode pemilu presiden yang memberikan banyak pelajaran.  Kemampuan generasi ini dalam memanfaatkan partisipasi politik mereka terhadap media sosial sebagai ruang publik baru pun akan semakin berkembang. kelompok ini secara global merupakan kelompok yang paling siap untuk terlibat dalam berbagai bentuk-bentuk partisipasi politik dengan varian baru yang akan muncul ke depannya.

Jadi, diharapkan generasi Z akan tertarik untuk berpartisipasi pada proses politik. namun, proses politik di Indonesia masih konservatif atau manual seperti saat ini. Pada saat milenial menua dan generasi Z  di Indonesia semuanya sudah dewasa, hal ini harus menjadi pemikiran untuk semua pihak.

 

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: