Oleh Khurotul A’yuni

Institut Islam Nahdlatul Ulama INISNU Temanggung

Penilaian adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai tolak ukur sebuah keberhasilan dalam belajar. Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada kegiatan pembeajaran, denmgan demikian hasil dari penilaian tersebut dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan atau tidak. Misalnya proses belajar mengalami kenaikan atau tidak jika memiliki kenaikan akan layak di lanjutkan namun jika mengalami penurunan maka akan di ganti dengan keputusan atau ide-ide baru.

Penilaian kelas merupakan proses penilaian internal,dimana kegiatan penilaian ini terjadi di lingkungan kelas atau satuan instansi, misalnya antara guru dan siswa.Penilaian kelas dilakukan dalam tiga ranah, yaitu kognitif,afektif dan psikomotor. Pengumpulan penialain kelas dilakukan dengan pengumpulan kerja siswa (portofolio),hasil karya (produk),penugasan (proyek),kinerja (performance) dan tes tertulis (paper and pen).

Penilaian berfungsi membantu guru untuk merencanakan kurikulum dan pengajaran di dalam program belajar mengajar, maka kegiatan penilaian membutuhkan informasi bervariasi dari setiap individu, kelompok peserta didik dan guru.

Adapun sistem penilaian kelas sendiri harus memperhatikan beberapa karakteristik, yaitu

1)Pusat belajar dan berakar dalam proses pembelajaran,pada penilaian ini tidak berpusat pada siswa, akan tetapi terfokus kepada siswa dan guru dalam perbaikan hasil belajar.

2) Umpan balik, Maksud dari umpan balik ini adalah bahwasanya penilaian kelas bukan hanya untuk memberi nilai atau skor (grading) peserta didik, tetapi juga untuk mendapatkan informasi bagi perbaikan mutu belajar peserta didik.

Hal pertama yang harus dilakukan guru dalam melakukan penilaian kelas adalah menyusun rencana mengajar. Dalam penyusunan rencana mengajar hal-hal yang harus di pertimbangkan meliputi rincian kompetensi yang harus dicapai siswa, cakupan dan kedalaman materi, indikator pencapaian kompetensi, pengalaman belajar yang harus di alami siswa, persyaratan sarana belajar yang di perlukan, dan metode serta prosedur untuk menilai ketercapaian kompetensi.

Setelah rencana mengajar tersusun dengan baik, guru melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai rencana tersebut. Hal yang paling penting untuk di perhatikan dalam proses belajar mengajar ini adalah interaksi yang efektif antara guru, siswa, dan sumber belajar lainnya sehingga menjamin terjadinya pengalaman belajar yang mengarah ke penguasaan kompetensi oleh siswa. Untuk mengetahui dengan ketercapaian kompetensi dimaksud, guru harus melakukan penilaian secara terarah dan terprogram. Maksud dari  melakukan penilaian secara terarah dan terpogram adalah melakukan kegiatan yang harus disesuaikan dengan rencana yang telah disusun oleh guru sendiri.

Karena pada dasarnya tujuan dari penilaian adalah untuk mengukur dan menentukan tingkat ketercapaian kompetensi dan sekaligus untuk mengukur efektivitas proses pembelajaran. Agar tujuan penilaian tersebut tercapai, guru harus menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian yang beragam sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik pengalaman belajar yang dilaluinya.

Diantara metode penilaian yang harus diketahui oleh guru adalah penilaian tertulis (paperpencil test) baik soal pilihan maupun uraian, tes praktek (performance test), penilaian produk, penilaian proyek, peta perkembangan, evaluasi diri siswa, penilaian afektif dan portofolio.

Reference

Sumarna Surapranata dan M. Hatta. 2004.Penilaian Portofolio.Bandung: Remaja Rosda Karya.

E. Muliyasa.2005.Menjadi Guru Propesional.Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Supriadi. 2014.Analisis Penilaian Kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman. Volume VII, Nomor 1

M. Husni.2018.Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru PAI Dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas Melalui Supervisi Klinis di MI Swasta Al-Fitrah Kota Kupang..Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), Vol. 3, No. 2.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: